Selasa, 01 November 2016

Tafsirah Kata "Auliya" pada Surah Al Maidah Ayat 51 Menurut Mahfud MD

·   0

JAKARTA. Eks ketua MK Mahfud MD mengeluarkan pendapatnya tentang makna “auliya” yang terdapat pada surah Al-Maidah ayat 51, yaitu mempunyai makna pemimpin. Sedangkan pada ayat-ayat lain yang terdapat pada Al Qur’an kata “auliya” dapat bermakna kawan yang setia atau wali-wali.


"Kata auliya dapat berarti pemmpin, para wali, kawan yang setia. Dikiaskan dari kata “bisa” dalam bahasa Indonesia artinya “racun” atau “dapat”. Sesuai dengan konteks kalimatnya" tulis Mahfud MD, di akun Twitter beberapa hari yang lalu.

Terdapat ayat, Alaa inna auliyaallah falaa khawfun.... Maknanya, "Ingatlah, para wali Allah itu tidak pernah takut..". Namun auliya yang di Surah Al maidah maknanya pemimpin.

Mahfud MD. (Foto: republika.co.id)


"Yang saya maksud, satu kata mempunyai banyak makna, tergantung konteks kalimantnya. Auliya dapat bermakna pemimpin, atau Wali. Bisa juga Wali kota atau Wali murid dan bias juga Wali kukun," jelas beliau.



"Terserah kalian saja, mau menjadikan acuan atau tak, saya tak mempermasalahkan. Saya menjelaskan secara ilmiah saja demi integritas pengetahuan. Permasalah ribut-ribut politiknya saya tidak mau ikut campur", beliau menambahkan lagi.


Menurut beliau, di dalam ilmu tafsir, baik agama ataupun hukum (ilmu penafsiran hukum), akan selalu kita temukan tafsiran berdasarkan teks dan berdasarkan konteks.


"Tidak perlu berpolemik, apalagi jika mengkait-kaitkan dengan politik saat ini. Kembali ke argument dan sikap yang kalian masing-masing yakini." (Sumber: Republika.co.id) 



Subscribe to this Blog via Email :