Jumat, 04 November 2016

Setelah Selesai Kuliah Kalian Ngapain?

·   0

Setelah selesai kuliah kalian ngapain? ada pertanyaan yang menjadi momok menyakitkan sekaligus membingungkan untuk dijawab, tapi ini hanya berlaku bagi para sarjana muda yang belum mempunyai pekerjaan yang jelas atau pekerjaan tetap. 

Bagi kalian yang mempunyai pengalaman seperti ini artinya kita senasip, hehe. Pertanyaan seperti, kerja di mana?, sudah kerja gak?, lagi sibuk proyek apa? dan pertanyaan sejenisnya. Bingung mau jawab apa, akhirnya pede aja jawab lagi belum mau nyari kerja. Padahal di dalam hati yang terdalam ada tekanan yang sering dirasakan. Tapi bagi orang yang kreatif dan pantang menyerah pertanyaana itu menjadi motivasi sendiri agar tetap bisa terus semangat.

Mencari Pekerjaan Setelah Selesai Kuliah. (Foto: karirpad.com)
Pada dasarnya setelah lulus kuliah tidak mesti harus kerja di perusahaan atau di instansi yang sesuai jurusan kita, tetapi boleh juga kita membuat usaha sendiri. Agar kita mempunyai penghasilan sendiri dan bisa mandiri karena secara finansial setelah lulus pasti orang tua sudah tidak lagi membiayai hidup kita, walaupun sebagian ada yang masih ngarep uang ortu. Banyak peluang usaha yang bisa kita kerjaan, jadi jangan sampai putus asa.

Kalian para sarjana muda jangan memperbanyak angka pengangguran di Indonesia, oleh karena itu kreatiflah, dengan memanfaatkan potensi yang kalian miliki sambil mengusahakan untuk mencoba melamar pekerjaan dengan memanfaatkan ijazah yang dimiliki. Secara tidak langsung jika kalian kuliah pasti mengharapkan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang kalian, rang tua kalianpun juga pasti begitu. Selain itu juga berpikir bagaimana membuka usaha sampingan dengan modal kecil agar tidak dibilang pengangguran dan menjadi tambahan finansial bagi kalian.

Banyak sekali usaha sampingan modal kecil yang bisa dilakukan seperti menjual kripik singkong, kripik pisang, cilok, tahu pentol, kue-kue, atau jualan kecil kecilan yang bisa kalian kalukan. Usaha dengan modal kecil memang sedikit untungnya tetapi jika digeluti dengan serius pasti ada hasilnya. Dengan manajemen yang bagus dan kualitas rasa yang disukai konsumen pasti jualan kalian laku keras.

Banyak pengusaha kecil yang sudah berhasil dan sukses dengan merintis usaha kecil menjadi besar. Tanamkan di hati kalian kalimat yang sangat memotivasi ini “orang lain bisa kenapa saya tidak bisa”. Dengan semangat yang tinggi disertai kerja keras usaha pasti sampai.

Subscribe to this Blog via Email :