Sabtu, 31 Desember 2016

Ketahui Bagaimana Perkembangan Janin Dari Minggu ke Minggu

·   1

Tak banyak yang tahu tentang perkembangan janin dari minggu ke minggu meski sudah mempunyai banyak anak. Pada minggu pertama, sebenarnya masih pada periode menstruasi, bahkan belum terjadi pembuahan. Tanggal kelahiran bayi, dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir Anda. Dalam minggu ini barulah terjadi pembentukan sperma dan sel telur. Saat ini si janin telah mempunyai bekal genetik yakni sebuah kombinasi unik terdiri dari 46 jenis kromosom manusia. 

Selama minggu pertama yang dibutuhkan janin hanyalan nutrisi melalui ibu dan oksigen. Perkembangan janin dari minggu ke minggu merupakan pristiwa yang sangat menakjubkan dan akan membuat Anda bersyukur atas karunia Tuhan yang diberikan kepada Anda. Pada akhir minggu kedua sel telur yang sudah dibuahi akan membelah menjadi dua setelah 30 jam dibuahi. Ketika usia kehamilan mencapai minggu ketiga, banyak orang yang belum sadar bahwa dia telah mngandung. 
perkembangan janin, foto:youtube
Minggu keempat, bayi sudah berbentuk embrio. Nah, embrio ini memproduksi hormon kehamilan, sehingga saat seseorang melakukan tes kehamilan hasilnya positif. Perkembangan janin dari minggu ke minggu dalam satu bulan merupakan hal yang penting. Jadi harus dijaga dan sang ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi janin agar bisa kuat hingga melahirkan nanti. Pada minggu kelima hingga kedelapan, mulai terbentuk organ-organ tubuh bayi, mulai dari otak, syaraf,organ pencernaan dan pernafasan hingga lengan kaki dan tangan. 

Perkembangan janin dari minggu ke minggu pada bulan ketiga yakni semua organ bayi mulai bekerja sama dengan otak dan sudah nampak seperti manusia kecil panjang tubuhnya mencapai 6,5 cm. Kuku jari, rambut, tangan dan kaki pun mulai tumbuh. Bahkan saat ini si janin terkadang menguap. Gerakan demi gerakan dilakukan oleh janin. Memasuki bulan keempat bentuk wajah bayi sudah lengkap dan terjadi proses penyempurnaan tubuh. 

Setelah trimester pertama perkembangan janin dari minggu ke minggu adalah bertambahnya berat tubuh dan ukurannya. Oleh karena itu, sang ibu tetap harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi cukup baik untuk ibu sendiri maupun bayinya.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar