Rabu, 07 Desember 2016

Perlengkapan Bayi Pokok yang Harus Disiapkan Menjelang Kelahirannya

·   4

Bagi seorang ibu yang sedang mengandung, membeli dan menyiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan untuk menyambut datangnya sang buah hati adalah sebuah kesenangan yang memang harus dilakukan. Namun terkadang bagi mereka pasangan suami istri yang baru akan mempunyai bayi pertama mereka, menyiapkan peralatan dan perlengkapan tersebut akan terasa sangat membingungkan, karena mereka belum pernah mengalami hal tersebut sebelumnya. Lalu sebenarnya harga perlengkapan bayi seperti apakah yang wajib disiapkan oleh pasangan suami istri untuk menyambut kedatangan bayi pertama mereka? Berikut ini sedikit ulasan mengenai perlengkapan yang wajib dihadirkan sebelum seorang bayi lahir ke dunia.

Hal pertama yang harus disiapkan oleh pasangan suami istri yang akan mempunyai bayi pertama adalah kesiapan fisik dan psikis dari mereka berdua. Menjaga asupan gizi dari ibu hamil adalah salah satu cara menjaga kesiapan fisik menjelang masa kelahiran. Selain itu kesiapan psikis dapat diberikan oleh suami dengan selalu memberikan dukungan dan semangat kepada istrinya menjelang masa kelahiran, selain itu menyiapkan diri menjadi suami siaga juga dapat menjadi penguat psikis pada seorang istri menjelang masa kelahiran.

perlengkapan bayi di bukalapak
Setelah kesiapan fisik serta psikis menjelang kelahiran telah diatur dengan baik, hal pertama yang harus dipersiapkan sebagai perlengkapan yang dibutuhkan bayi adalah popok bayi. Popok ini berfungsi sebagai celana keseharian yang digunakan oleh seorang bayi, oleh karena itu jumlah yang harus tersedia sebaiknya dapat mencukupi kebutuhan bayi selama lebih dari 3 hari, mengingat seringnya waktu bayi ngompol dan waktu jeda untuk mencuci popok tersebut.

Perlengkapan bayi yang tak kalah penting dari popok, yang memang harus telah tersedia sebelum bayi lahir adalah baju dan kaos singlet. Ketersediaan baju dan kaos singlet ini sebaiknya setara dengan jumlah popok yang harus disediakan untuk bayi, karena kemungkinan baju akan basah ketika bayi ngompol pun dapat terjadi. Setelah semua pakaian bayi tersedia hal lain yang harus disiapkan adalah kaos kaki dan kaos tangan bayi yang digunakan untuk menutupi bagian tangan dan kaki bayi agar terasa hangat. Selimut dan bedong bayi adalah perlengkapan selanjutnya yang harus disiapkan oleh calon orang tua. Selimut dan bedong bayi ini, nantinya akan difungsikan sebagai kain untuk membalut bayi ketika mereka tertidur.

Setelah perlengkapan pakaian dirasa cukup, hal lain yang perlu disiapkan adalah peralatan mandi dan peralatan lain yang digunakan pasca seorang bayi mandi. Perlengkapan tersebut antara lain adalah:
  • •    Ember khusus untuk memandikan bayi.
  • •    Sabun dan shampo khusus bayi.
  • •    Handuk khusus untuk bayi.
  • •    Baby oil, minyak telon, dan bedak.
  • •    Perlengkapan lain untuk yang digunakan pasca seorang bayi mandi seperti minyak rambut dan lotion untuk bayi.

Yang tak kalah penting untuk disiapkan adalah peralatan bayi untuk minum ASI seperti dot, penyedot asi dan pemanas Asi. Perlengkapan kesehatan pun juga harus sudah tersedia menjelang bayi akan lahir ke dunia. Anda dapat menyiapkan perlengkapan kesehatan dan kebersihan sederhana seperti cotton bud, minyak kayu putih, thermometer, plaster penghilang demam, minyak telon, kain kasa dan obat antiseptik serta obat-obat ringan lainnya sebagai sebuah persediaan jika bayi mengalami demam dan sakit lainnya.

Setelah perlengkapan bayi pokok diatas terpenuhi, maka Anda dapat menyiapkan perlengkapan tambahan seperti stroller, tempat tidur dan perlengkapan lainnya. Ketika akan membeli perlengkapan untuk bayi tersebut, ada baiknya Anda meminta saran ataupun referensi dari beberapa teman ataupun kerabat agar pembelanjaan perlengkapan tersebut menjadi efektif tanpa harus membeli barang secara berlebihan.

Subscribe to this Blog via Email :

4 komentar

Write komentar
Dewi Aja
AUTHOR
21 Desember 2016 23.16 delete

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Reply
avatar