Sabtu, 31 Desember 2016

Ketahui Bagaimana Perkembangan Janin Dari Minggu ke Minggu

Tak banyak yang tahu tentang perkembangan janin dari minggu ke minggu meski sudah mempunyai banyak anak. Pada minggu pertama, sebenarnya masih pada periode menstruasi, bahkan belum terjadi pembuahan. Tanggal kelahiran bayi, dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir Anda. Dalam minggu ini barulah terjadi pembentukan sperma dan sel telur. Saat ini si janin telah mempunyai bekal genetik yakni sebuah kombinasi unik terdiri dari 46 jenis kromosom manusia. 

Selama minggu pertama yang dibutuhkan janin hanyalan nutrisi melalui ibu dan oksigen. Perkembangan janin dari minggu ke minggu merupakan pristiwa yang sangat menakjubkan dan akan membuat Anda bersyukur atas karunia Tuhan yang diberikan kepada Anda. Pada akhir minggu kedua sel telur yang sudah dibuahi akan membelah menjadi dua setelah 30 jam dibuahi. Ketika usia kehamilan mencapai minggu ketiga, banyak orang yang belum sadar bahwa dia telah mngandung. 
perkembangan janin, foto:youtube
Minggu keempat, bayi sudah berbentuk embrio. Nah, embrio ini memproduksi hormon kehamilan, sehingga saat seseorang melakukan tes kehamilan hasilnya positif. Perkembangan janin dari minggu ke minggu dalam satu bulan merupakan hal yang penting. Jadi harus dijaga dan sang ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi janin agar bisa kuat hingga melahirkan nanti. Pada minggu kelima hingga kedelapan, mulai terbentuk organ-organ tubuh bayi, mulai dari otak, syaraf,organ pencernaan dan pernafasan hingga lengan kaki dan tangan. 

Perkembangan janin dari minggu ke minggu pada bulan ketiga yakni semua organ bayi mulai bekerja sama dengan otak dan sudah nampak seperti manusia kecil panjang tubuhnya mencapai 6,5 cm. Kuku jari, rambut, tangan dan kaki pun mulai tumbuh. Bahkan saat ini si janin terkadang menguap. Gerakan demi gerakan dilakukan oleh janin. Memasuki bulan keempat bentuk wajah bayi sudah lengkap dan terjadi proses penyempurnaan tubuh. 

Setelah trimester pertama perkembangan janin dari minggu ke minggu adalah bertambahnya berat tubuh dan ukurannya. Oleh karena itu, sang ibu tetap harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi cukup baik untuk ibu sendiri maupun bayinya.
·   0

Senin, 26 Desember 2016

Kawasan Wisata Nusa Dua Bali

Kamu pasti sudah mendengar dan mengenal wisata Nusa Dua Bali, kawasan ini populeh dengan kebersihan pantainya, laut dangkal dan resor yang mewah. Sangatlah tepat untuk tempat liburan bersama keluarga. Jika kamu pergi kesana ada beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi dan dijamin pasti betah berada disana. Sebenarnya nama Nusa Dua berasal dari 2 pulau kecil yang terhubung dengan daratan. 

Kawasan wisata Nusa Dua Bali dikelola oleh perusahaan BTDC. Perlu kamu ketahui Taman yang berada di kawasan Nusa Dua merupakan taman paling indah di Bali. Ketika kamu memasuki pintu gerbang objek wisata, tidak akan nampak bahwa di balik taman ternyata ada hotel-hotel bintang lima standar Internasional yang memperkerjakan ribuan karyawan. 
foto:plesiryuk.com
Tak hanya sebagai tempat menginap saja, hotel dan resort di Nusa Dua seringkali digunakan untuk tempat konferensi berskala nasional dan Internasional. Nusa dua Bali merupakan tempat wisata yang terkesan mewah dan tertata rapi. Kebersihannya pun terjaga,pepohonan hijau terpelihara dengan baik disana. Selain taman dan hotel mewah, Nusa dua juga populer dengan pantai pasir putih dan laut yang tenang.

Pantai kawasan wisata ini tepat bagi kamu yang menginginkan liburan yang tenang, sejuk dan menyegarkan. Sebab, di pantai Nusa Dua Bali tak terlalu ramai seperti pantai Kuta. Lokasi Nusa Dua Bali terletak di paling ujung sebelah tenggara pulau Bali berjarak kurang lebih 40km dari Denpasar. Kalau perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai berjarak sekitar 8km atau bisa ditempuh dengan 30 menit menggunakan mobil. 

Nah, berikut ini beberapa tempat yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung di Nusa Dua.
1.    Pantai Samuh Nusa Dua
2.    Pantai Mengiat Nusa Dua Bali
3.    Pantai Geger Nusa Dua
4.    Pantai Sawangan Nusa Dua

Pantai-pantai di Nusa Dua Bali kerap dijadikan tempat untuk foto prewedding dan untuk bulan madu pasangan pengantin. Keindahan pantai, laut dan pasirnya membuat para pengunjung tidak lupa mengabadikan moment liburan mereka. So, rencakanlah untuk piknik ke pantai-pantai di Nusa Dua Bali, siapkan budget liburanmu sedari sekarang.
·   1

Rabu, 07 Desember 2016

Perlengkapan Bayi Pokok yang Harus Disiapkan Menjelang Kelahirannya

Bagi seorang ibu yang sedang mengandung, membeli dan menyiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan untuk menyambut datangnya sang buah hati adalah sebuah kesenangan yang memang harus dilakukan. Namun terkadang bagi mereka pasangan suami istri yang baru akan mempunyai bayi pertama mereka, menyiapkan peralatan dan perlengkapan tersebut akan terasa sangat membingungkan, karena mereka belum pernah mengalami hal tersebut sebelumnya. Lalu sebenarnya harga perlengkapan bayi seperti apakah yang wajib disiapkan oleh pasangan suami istri untuk menyambut kedatangan bayi pertama mereka? Berikut ini sedikit ulasan mengenai perlengkapan yang wajib dihadirkan sebelum seorang bayi lahir ke dunia.

Hal pertama yang harus disiapkan oleh pasangan suami istri yang akan mempunyai bayi pertama adalah kesiapan fisik dan psikis dari mereka berdua. Menjaga asupan gizi dari ibu hamil adalah salah satu cara menjaga kesiapan fisik menjelang masa kelahiran. Selain itu kesiapan psikis dapat diberikan oleh suami dengan selalu memberikan dukungan dan semangat kepada istrinya menjelang masa kelahiran, selain itu menyiapkan diri menjadi suami siaga juga dapat menjadi penguat psikis pada seorang istri menjelang masa kelahiran.

perlengkapan bayi di bukalapak
Setelah kesiapan fisik serta psikis menjelang kelahiran telah diatur dengan baik, hal pertama yang harus dipersiapkan sebagai perlengkapan yang dibutuhkan bayi adalah popok bayi. Popok ini berfungsi sebagai celana keseharian yang digunakan oleh seorang bayi, oleh karena itu jumlah yang harus tersedia sebaiknya dapat mencukupi kebutuhan bayi selama lebih dari 3 hari, mengingat seringnya waktu bayi ngompol dan waktu jeda untuk mencuci popok tersebut.

Perlengkapan bayi yang tak kalah penting dari popok, yang memang harus telah tersedia sebelum bayi lahir adalah baju dan kaos singlet. Ketersediaan baju dan kaos singlet ini sebaiknya setara dengan jumlah popok yang harus disediakan untuk bayi, karena kemungkinan baju akan basah ketika bayi ngompol pun dapat terjadi. Setelah semua pakaian bayi tersedia hal lain yang harus disiapkan adalah kaos kaki dan kaos tangan bayi yang digunakan untuk menutupi bagian tangan dan kaki bayi agar terasa hangat. Selimut dan bedong bayi adalah perlengkapan selanjutnya yang harus disiapkan oleh calon orang tua. Selimut dan bedong bayi ini, nantinya akan difungsikan sebagai kain untuk membalut bayi ketika mereka tertidur.

Setelah perlengkapan pakaian dirasa cukup, hal lain yang perlu disiapkan adalah peralatan mandi dan peralatan lain yang digunakan pasca seorang bayi mandi. Perlengkapan tersebut antara lain adalah:
  • •    Ember khusus untuk memandikan bayi.
  • •    Sabun dan shampo khusus bayi.
  • •    Handuk khusus untuk bayi.
  • •    Baby oil, minyak telon, dan bedak.
  • •    Perlengkapan lain untuk yang digunakan pasca seorang bayi mandi seperti minyak rambut dan lotion untuk bayi.

Yang tak kalah penting untuk disiapkan adalah peralatan bayi untuk minum ASI seperti dot, penyedot asi dan pemanas Asi. Perlengkapan kesehatan pun juga harus sudah tersedia menjelang bayi akan lahir ke dunia. Anda dapat menyiapkan perlengkapan kesehatan dan kebersihan sederhana seperti cotton bud, minyak kayu putih, thermometer, plaster penghilang demam, minyak telon, kain kasa dan obat antiseptik serta obat-obat ringan lainnya sebagai sebuah persediaan jika bayi mengalami demam dan sakit lainnya.

Setelah perlengkapan bayi pokok diatas terpenuhi, maka Anda dapat menyiapkan perlengkapan tambahan seperti stroller, tempat tidur dan perlengkapan lainnya. Ketika akan membeli perlengkapan untuk bayi tersebut, ada baiknya Anda meminta saran ataupun referensi dari beberapa teman ataupun kerabat agar pembelanjaan perlengkapan tersebut menjadi efektif tanpa harus membeli barang secara berlebihan.
·   2