Minggu, 17 Desember 2017

Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir

·   2

ilustrasi foto:hamilplus.com
Saat baru lahir, bayi Anda tidak perlu banyak mandi. Cara memandikan bayi yang baru lahir dapat dilakukan dalam tiga kali seminggu. Memandikannya lebih sering bisa mengeringkan kulitnya, terutama jika sabun yang digunakan memiliki kelembaban yang tidak sesuai. Mengoleskan losion pelembab bebas hypoallergenic segera setelah mandi bisa membantu mencegah kulitnya menjadi kering atau memburuk.

Selama satu atau dua minggu pertama, sampai tunggul tali pusar lepas, bayi Anda seharusnya hanya mandi spons atau dilam dengan kain halus. Cara memandikan bayi baru lahir harus dilakukan pada ruangan yang hangat. Baringkan bayi di tempat yang rata dan nyaman untuk bayi dan juga Anda seperti tempat tidur, lantai, meja atau wastafel yang nyaman. Siapkan pakaian, minyak telon, bedak dan perlengkapan bayi setelah mandi. 

Pilih sabun bayi yang kandungannya ringan. Jaga agar bayi Anda terbungkus handuk, dan hanya memperlihatkan bagian tubuhnya yang sedang Anda cuci. Gunakan kain lembut yang dibasahi dulu tanpa sabun untuk mencuci muka, jadi jangan sampai sabun masuk ke mata atau mulutnya. Kemudian celupkan ke dalam baskom air sabun sebelum mencuci sisa tubuhnya dan akhirnya ke area popok. 

Perhatikan lipatan di bawah lengan, di belakang telinga, di sekitar leher, dan terutama di area genital bagi bayi perempuan. Begitu daerah pusar sembuh, Anda bisa mencoba menempatkan bayi Anda langsung di air. Pemandiannya yang pertama harus selembut dan sesingkat mungkin. Dia mungkin akan sedikit menangi atau terkesan tidak mau. Pilih spons mandi yang lembut dan ingat gunakan air hangat untuk cara memandikan bayi yang baru lahir. 

Kebanyakan orang tua memandikan bayi yang baru lahir di wastafel atau bak plastik yang dilapisi handuk bersih. Isi baskom air yang terasa hangat, tidak panas. Pastikan persediaan barad di dekat Anda seperti sabun dan sampo. Pastikan ruangan terasa hangat sebelum menanggalkan pakaian bayi. Jika bayi Anda menikmati bak mandinya, beri dia waktu tambahan untuk percikan dan buat dia bermain air sebentar. 

Semakin menyenangkan anak Anda dalam mandinya, semakin sedikit dia takut air. Seiring bertambahnya usia, panjang bak mandi akan meluas sampai sebagian besar diambil untuk permainan. Mandi harus menjadi pengalaman yang sangat santai dan menenangkan, jadi jangan terburu-buru kecuali jika dia tidak senang. Dalam beberapa minggu pertama, mainan mandi sangat tidak dibutuhkan. Jangan takut memandikannya, terapkan saja cara-cara diatas.

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar