Sabtu, 26 Mei 2018

Makanan yang Tepat untuk Tubuh Tetap Sehat saat Bepuasa Ramadhan

·   1

foto:lagizi.com

Selama bulan suci Ramadhan, pola makan kita tidak jauh berbeda dari biasanya, tapi dengan jam makan yang berbeda. Selama seharian berpuasa mungkin kamu akan merasakan lemas, lesu dan letih karena memang tidak makan maupun minum. Walaupun berpuasa, aktivitas seperti kerja atau belajar harus tetap kita lakukan karena itu juga merupakan kewajiban. Oleh karena itu, kamu harus bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan kuat berpuasa dengan kegiatan yang padat.
Mengingat jam panjang berpuasa, kamu harus mengkonsumsi makanan yang lambat pencernaan termasuk makanan yang mengandung serat, bukan makanan yang dicerna dengan cepat. Makanan yang dicerna perlahan akan bertahan hingga 8 jam, sedangkan makanan yang dicerna dengan cepat hanya bertahan antara 3 hingga 4 jam. Makanan yang mencerna lambat adalah makanan yang mengandung biji-bijian, biji-bijian seperti oat, kacang, tepung dan beras merah atau dikenal sebagai karbohidrat kompleks.
Sedangkan makanan yang dicerna dengan cepat adalah makanan yang mengandung gula, tepung putih, dan lainnya atau dikenal sebagai karbohidrat olahan. Sementara makanan yang mengandung serat adalah gandum, biji-bijian, sayuran seperti buncis, kacang polong, bayam, kulit buah, buah-buahan kering terutama aprikot kering, buah ara, plum, almond dan lain sebagainya. 
Makanan yang akan dicerna harus seimbang, mengandung makanan dari masing-masing kelompok, yaitu buah-buahan, sayuran, daging atau ayam atau ikan, roti atau sereal dan produk susu. Makanan yang digoreng tidak sehat dan harus dibatasi karena menyebabkan gangguan pencernaan, nyeri ulu hati dan masalah berat badan. Itulah beberapa makanan yang baik kamu konsumsi atau kamu hindari selama menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Dewi Aja
AUTHOR
18 Juni 2018 00.56 delete

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Reply
avatar