Rabu, 24 Oktober 2018

Tips Merawat dan Menyimpan Sepatu

·   0


Setelah membeli sepatu, selanjutnya anda harus bisa merawat sepatu dengan baik. Untuk bisa merawat sepatu, anda harus mengetahui cara memperlakukan sepatu dengan benar. Anda bisa mengaplikasikan panduan perawatan yang diberikan oleh produsen sepatu. Sehingga, perawatan bisa dilakukan secara tepat. Tidak soal merek sepatu harga yang mahal, tapi alangkah baiknya kita menjaga barang yang sudah kita miliki. 

Jika kita merawat sepatu, anda dapat melihat sepatu seperti baru dan anda takkan malu bila menggunakannya lagi. Selain mengetahui cara memilih sepatu yang tepat, anda pun harus belajar cara merawat dan menyimpan sepatu yang tepat. Nah, secara umum cara merawat dan menyimpan sepatu adalah seperti di bawah ini!

Gunakan Sabun Saddle atau Saddle Soap
Salah satu tip yang berguna dalam memrawat sepatu kulit adalah dengan mencucinya menggunakan sabun saddle terlebih dahulu. Sabun ini dapat dibeli di toko online atau supermarket terdekat. Gosokkan sabun secara hati-hati ke dalam retakan kulit sepatu dengan menggunakan air sesedikit mungkin.  Cara ini bisa diterapkan saat sepatu kering.

Hindari Panas dan Udara Kering
Hindari memaparkan panas untuk mengeringkan sepatu dengan cepat karena retakan akan menjadi lebih parah. Tempatkan sepatu kulit di luar, bebas dari sinar matahari langsung dan hujan, dan biarkan mereka mengering dengan udara alami. Atau, anda bisa membiarkan sepatu kering pada suhu kamar saja.

Selalu Mempertahankan Bentuknya
Sepatu kulit yang sering dibersihkan dan diperbaiki cenderung kehilangan bentuknya. Hal ini dapat dihindari dengan memasukkan lap lama atau koran ke dalam sepatu saat anda melakukan membersihkan atau merawat sepatu.

Gunakan Mink Oil
Menerapkan mink oil ke sepatu kulit yang retak akan menembus dalam celah-celah dan menghidrasi kulit sepatu yang kering. Banyak orang yang masih belum menggunakan cara ini, tapi sebenarnya ini adalah cara yang efektif untuk memberikan kelembaban yang dibutuhkan oleh retakan-retakan [ada sepatu kulit anda. Biarkan sepatu kering sebelum mengaplikasikan krim semir. Perawatan ini bisa anda lakukan pada semua merek sepatu kulit.

Pastikan Memilih Semir Sepatu Dengan Warna yang Tepat
Untuk bisa memilih warna semir yang tepat dengan sepatu anda adalah membawa sepatu ke toko sepatu atau toko lain yang menjual krim sepatu kulit. Dengan cara ini Anda akan dapat menentukan warna cocok yang baik. Setelah Anda menemukan warna yang tepat, oleskan semir sepatu dengan hati-hati ke kulit sepatu, berikan perhatian khusus pada retakan-retakan.

Perhatikan waktu menyemir sepatu
Ketika sepatu sudah dibersihkan, selanjutnya anda akan menyemirnya. Tidak perlu waktu lama untuk semir sepatu karena justru bisa mempercepat kerusakan. Ketika anda menggosok-gosok sepatu dengan sikat dalam waktu lama, kulit akan menjadi kusut. Setelah itu, malah akan menambah retakan bukannya memperbaiki. Lama waktu semir untuk semua merk sepatu adalah 2-3 menit saja. Setelah itu, anda gunakan lap untuk menambah kinclong sepatunya. 

Setelah melakukan semua hal itu, anda harus menyimpannya di tempat yang tepat. Perhatikan suhu ruang penyimpanan, sebaiknya gunakan suhu kamar saja. Jika suhu terlalu panas, akan membuat kulit rusak. Anda dapat menggunakan bahan pengawet sepatu yang biasanya diberikan oleh produsen. Perhatikan langkah-langkah penyimpanan dari panduan yang diberikan produsen, itu akan membuat sepatu anda lebih awet tahan lama. 

Ketika ingin membeli sepatu, sebaiknya pertimbangkan merk sepatu lokal dulu. Pilih-pilih dan bandingkan dengan kualitas produk luar negeri. Tentu kualitasnya tak kalah bagus.

Subscribe to this Blog via Email :