Sabtu, 24 Agustus 2019

Jenis Kerupuk yang Paling Populer di Indonesia

·   0


Berbicara soal kuliner di Indonesia, tentu tidak akan ada habisnya deh. Karena Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis kuliner yang rasanya sangat lezat dan mantab. Lalu apa sih yang menjadi ciri khas dari kuliner Indonesia? Tentu salah satunya adalah kerupuk. Iya kerupuk memang menjadi salah satu ciri khas dari kuliner Indonesia. Pasalnya memang di Indonesia sendiri kerupuk menjdi salah satu gaya kuliner dari setiap daerah. Kerupuk yang memiliki ciri khas rasa yang gurih, renyah, dan suara kriuknya yang sangat khas, menjadikan kerupuk salah satu makanan yang cukup favorit untuk mendampingi berbagai kuliner di Indonesia.

Harganya yang cukup murah, menjadikan kerupuk adalah salah satu makanan yang dapat dinikati oleh seluruh golongan. Setiap daerah pun memiliki jenis kerupuk yang beragam untuk menemani kuliner dari masing-masing daerah tersebut. Sebenarnya ada berapa sih jenis kerupuk di Indonesia? Wah kalau jumlah pastinya sih mungkin banyak sekali ya, namun ada beberapa jenis kerupuk yang cukup populer di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

1.    Kerupuk putih
Siapa sih yang gak tau kerupuk yang satu ini? Iya kerupuk putih menjadi salah satu jenis kerupuk yang sangat populer di Indonesia. Bahkan kerupuk yang satu ini sering main film loh mulai dari film lawas hingga film terbaru, hehe. Kerupuk yang memiliki tampilan keriting dengan warna putih ini memang menjadi salah satu kerupuk yang paling mudah kita jumpai. Bersama dengan wadahnya yang terbuat dari kaleng, kerupuk putih banyak kita temukan di berbagai tempat makan di Indonesia.

2.    Rengginang
Rengginang juga merupakan bagian dari kerupuk yang cukup populer di Indonesia. Iya kerupuk yang berasal dari nasi atau beras ketan ini sangat mudah kita temukan dipasaran. Proses pembuatannya sih dengan nasi atau ketan yang dibentuk sedemikian rupa lalu dikeringkan. Kalau rengginang sih merupakan salah satu kerupuk yang lebih banyak dijadikan camilan sehari-hari. Rasanya yang gurih, membuat kerupuk rengginang ini laris manis saat musim lebaran.
3.    Kerupuk udang

Kerupuk udang juga menjadi salah satu jenis kerupuk yang sangat populer di Indonesia. kerupuk yang satu ini sangat cocok loh untuk menemani berbagai kuliner khas yang ada di Indonesia seperti nasi pecel, soto, rawon pun sangat cocok untuk dilengkapi dengan kerupuk udang. Rasanya yang gurih membuat kerupuk yang satu ini menjadi kerupuk favorit untuk teman makan.

4.    Emping
Emping atau kerupuk melinjo merupakan salah satu jenis kerupuk yang juga sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Setiap daerah memiliki cara makan emping atau kerupuk melinjo ini dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang menjadikannya sebagai camilan, ada yang menjadikannya sebagai topping rawon, dan ada pula yang menjadikannya sebagai pelengkap coto Makassar. 

5.    Kerupuk opak
Jenis kerupuk yang juga cukup populer selanjutnya adalah jenis kerupuk opak. Jenis kerupuk opak ini memiliki varian yang beragam di setiap daerahnya seperti di Wonosobo Jawa Barat dimana kerupuk ini dibuat dari singkong, dan di wilayah Sunda kerupuk opak ini juga dibuat dari beras ketan. 

6.    Kerupuk pasir
Kerupuk yang satu ini memiliki cara penggorengan yang cukup unik dan berbeda dengan jenis kerupuk lainnya. dimana kerupuk ini digoreng dengan pasir sehingga bebas minyak. Tampilannya yang warna-warni menjadikan kerupuk ini memiliki ciri khas tersendiri.

Nah itu dia beberapa jenis kerupuk yang sangat populer di Indonesia. Selain itu tentu masih ada puluhan bahkan ratusan jenis kerupuk yang rasanya tentu tak kalah nikmat. Kira-kira sobat suka kerupuk yang mana nih?

Subscribe to this Blog via Email :